MUNGGAHAN JELANG RAMADHAN 1441 H


Alhamdulillah, Jelang Ramadhan 23 April 2020, YAPIM kembali memberikan bingkisan bahan bahan pokok untuk Yatim dan Dhuafa, dengan istilah Munggahan.

MUNGGAHAN adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya’ban(satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan).
Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama (botram), saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).

[1]Munggahan berasal dari Bahasa Sunda; unggah yang berarti naik (yang bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya).[2]Tradisi munggahan dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, untuk membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun ke sebelumnya dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kami Ucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi yang Ayah Bunda Donatur berikan, semoga dilimpahkan rahmat kesehatan, rizki yang lapang barokah, keluarga bahagia, diberikan ampunan, dan dijauhi dari segala musibah. Aamiin.

Kami dari Pengurus mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, semoga kita menjadi hamba yang bertaqwa.”
Aamiin yaa robbal aalamiin

YAPIM MENERIMA & MENYALURKAN ZAKAT, INFAQ, SODAQOH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *