Pesantren Kilat YAPIM Berhasil Meningkatkan Hafalan Doa Anak

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, karena pada Bulan Ramadhan Allah Swt. menurunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan melipatgandakan nilai pahala amal manusia. Bulan Ramadhan merupakan moment yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan, baik dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah Swt. maupun yang tersalur melalui kegiatan yang bernilai sosial. Selain sebagai sarana untuk mengintropeksi diri dan mereformasi diri, Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian kepada sesame. Kemudian dalam rangka mengisi kegiatan beribadah di Bulan Ramdhan 1442 H, Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri mengadakan kegiatan Pesantren Kilat.

Pesantren Kilat adalah suatu kegiatan pelatihan dan pendidikan bernuansi Islami yang diselenggarakan dalam waktu tertentu. Tujuan dari kegiatan ini untuk Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, pengamalan, serta pengalaman santri tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Swt, Mempererat tali silahturahmi, kasih sayang dan kekeluargaan, Membentuk perilaku Akhlakul Karimah peserta, Menjadikan santri yang aktif dan kreatif dalam pengembangan diri dan lingkungan, Meningkatkan amal ibadah santri dan panitia atau yang lainnya pada bulan ramadhan yang amalnya mendorong pembentukan kepribadian santri baik rohani maupun jasmani dengan melakukan penghayatan terhadap ibadah puasa dan amal-amal ibadah lain yang dikerjakan. Sesuai dengan tema kegiatannya yaitu “Mewujudkan santri yang berwawasan luas, berakhlakul karimah dan bertaqwa kepada Allah Swt.”

Kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan di Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri, Jl. Cipto Mangunkusumo No. 23A Rt. 001 Rw. 008, Paninggilan Utara, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, 15153. Dengan waktu selama 3 hari 2 malem mulai 23 maret sampai 25 maret 2021. Acara dimulakan di siang hari selepas sholat dzuhur berlanjut ke malam hari, pagi hari, dan seterusnya.
Rundown kegiatan pesantren kilat di YAPIM antara lain:
Jum’at (23/04/2021)
1. Shalat Ashar berjamaah
2. Tadarus Al-Qur’an
3. Materi tentang berpuasa
4. Buka puasa bersama
5. Shalat Maghrib berjamaah
6. Menonton film cerita Nabi Nuh a.s
Sabtu (24/04/2021)
1. Shalat Tahajud
2. Sahur bersama
3. Shalat Subuh berjamaah
4. Tadarus Al-Qur’an
5. Olahraga
6. Materi Public Speaking
7. Shalat Dhuha
8. Baca tulis Al-Qur’an
9. Hafalan Doa Harian
10. Shalat Dzuhur berjamaah
12. Shalat Ashar berjamaah
13. Tadarus Al-Qur’an
14. Buka puasa bersama
15. Shalat Maghrib berjamaah
16. Shalat Isya & Tarawih berjamaah
17. Menonton film cerita Nabi Ibrahim a.s
Minggu (25/04/2021)
1. Shalat tahajud bersama
2. Sahur bersama
3. Shalat Subuu berjamaah
4. Tadarus Al-Qur’an & Hafalan Doa dan Surat
5. Shalat Dhuha
6. Review materi
7. Shalat Dzuhur bersama

Selanjutnya kegiatan ini ditutup pada 26 April 2021 dengan menampilkan hasil dari yang didapatkan anak-anak yatim Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri. Mulai dari hafalan doa dan surat yang banyak dihafalkan oleh anak-anak. Alhamdulillah dengan adanya pesantren kilat ini menciptakan anak-anak Yatim Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri dapat meningkatkan keilmuan keagamaannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *