Siap Menjalankan Puasa, YAPIM Sambut Datangnya Bulan Ramadhan

Assalamualaikum wr.wb

Marhaban Ya Ramadhan…

Ditengah Pandemi Covid-19 yang belum berhenti dari tahun sebelumnya Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri mengadakan tradisi munggahan yang dimaknai sebagai sambutan datangnya bulan suci Ramadhan pada 12/04/2021.

Munggahan berasal dari kata unggah yang berasal dari Kamus Bahasa Sunda yang disebut kecap pegawean nincak ti handal ka ni leuwih luhur, naek ka tempat nu leuwih luhur (Danadibrata, 2006). Secara umum tradisi ini ini dilaksanakan masyarakat sunda. Namun serupa dilakukan juga masyarakat di Jawa Tengah dan Sumatera Utara dengan sebutan Punggahan.

“Dan munggahan itu merupakan suatu tradisi bagi masyarakat Islam, khususnya dimana saja, mau di Indonesia maupun luar Indonesia. Yang mana munggahan itu adalah asal kata unggah kalau dari orang sundah itu. Sedangkan orang jawa punggah,” ucap Ustadz Sugimin, Ketua Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri.

Menghadapi bulan suci Ramadhan Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri mengadakan Santunan Anak Yatim yang dilaksanakan di Yayasan dan dari rumah ke rumah agar nantinya Anak Yatim dapat menyiapkan keperluan selama Ramadhan. Tak luput dari hal itu, Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri juga mengingatkan selama bulan Ramadhan dapat terus memperbaiki diri dan meningkatkan iman melalui peningkatan dan pemahaman atas hukum-hukum Ibadah baik yang dilaksanakan wajib maupun sunnah.

Terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *