Doa Malaikat Menaungi Mereka Mereka yang Gemar Bersedekah

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Tahukah kamu? Doa malaikat adalah salah satu doa yang paling mustajab. Di pagi hari,  malaikat selalu berdoa kepada Allah. Ada dua malaikat yang mendoakan orang-orang yang bersedekah dan yang enggan untuk bersedekah. Manfaatkan waktu pagi dengan sedekah. Tujuan para malaikat berdoa adalah agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengganti harta dan memberi keberkahan pada orang yang bersedekah.

Bagi seorang laki-laki mislum, shalat Subuh berjamaah di masjid (shalat tepat waktu di rumah bagi perempuan) akan mendapat jaminan surga Allah. Amalan ini akan menjadi sempurna keberkahannya jika seusai shalat subuh dilengkapi dengan sedekah, yang biasa kita sebut Sedekah Subuh.

Doa Malaikat untuk Orang yang Rajin Sedekah

Setiap pagi, malaikat berdoa untuk orang yang gemar bersedekah. Tidak hanya itu, bagi orang yang tidak bersedekah malaikat juga mendoakan keburukan bagi mereka. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari, No. 1442)

Malaikat pertama mendoakan mereka yang memberi sedekah berupa senyuman, ilmu, tenaga, nafkah keluarga, kerabat, dan fuqoro wal masakin dan doa para malaikat itu dijabah oleh Allah Subhana Wa Ta’ala. Bukan itu saja, Allah akan menganti sedekah yang diberikan oleh seseorang, sebagaimana tersurat dalam Al-Quran surah Saba’:39. “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang Terbaik.”

Sedekah tidak membuat pelakunya bangkrut dan jatuh miskin. Yang terjadi justru akan semakin memberikan keberkahan dalam beragam bentuk. Dalam sebuah hadits qudsi yang dinarasikan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

“Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu.” (HR. Imam Bukhari: 4684 dan Imam Muslim; 993)

Setiap persendian manusia diwajibkan bersedekah setiap hari. Sedangkan dalam riwayat hadits yang lain disebut bahwa manusia memiliki 360 persendian. Kewajiban 360 kali bersedekah itu bisa dituntaskan dengan melakukan shalat sunnah 2 rakaat setiap pagi. Setelah melakukan shalat dhuha, dianjurkan untuk melakukan banyak perbuatan baik. Karena setiap amalan yang diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dihitung sebagai sedekah.

Dari sinilah keberkahan hidup yang dilimpahkan kepada pelakunya. Hidup di dunia akan dijalaninya dengan kedamaian, dan jaminan surga menanti di akhirat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Walhamdulillahirrabil ‘Allaamiinn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *