Menolak Musibah Dengan Sedekah

 

Menolak Musibah Dengan Sedekah

Yapim-Tangerang, Bismillahirrahmanirrahim
Sedekah bisa menolak musibah, kok bisa?

Jika kita sering memberi maka kita akan sering menerima. begitulah gambaran yang terdapat dalam konsep sedakah di dalam islam.

Salah satu pahala sedekah adalah menghindarkan diri kita dari bencana atau musibah (sedekah menolak bencana), sebagaimana sabda Nabi SAW:
“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta, berapa pun jumlahnya, untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan (kaum lemah/dhuafa), mendanai kegiaan sosial dan dakwah, serta perjuangan di jalan Allah SWT. Sedekah juga bisa dalam bentuk immateri, seperti senyum, ilmu, dan tenaga.

Tak ada yang meragukan pahala shadaqah atau infak di jalan Allah. Di alam kubur sedekah akan memadamkan api siksa di dalam kubur (HR Thabrani). Di Hari Kebangkitan dan di padang Mahsyar mereka akan mendapat naungan Allah (HR Bukhari).

Pahala shadaqah tidak hanya dinikmati di akhirat saja, bahkan di dunia ini pun pelaku shadaqah bisa memetik keutamaannya. Salah satu keajaiban shadaqah yang bisa dirasakan di dunia adalah menjaga pelakunya dari keburukan dan musibah (daf’ul bala’).

Dalam riwayat al-Tirmidzi dan lainnya, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya shadaqah benar-benar memadamkan kemurkaan Allah dan menghindarkan dari kematian yang buruk” (hasan li-ghairihi)

Benar, shadaqah yang tulus ikhlas karena Allah dapat memadamkan kemarahan Allah sebagaimana air memadamkan api.

Sedekah sekarang:
sekertariat kami : Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo 23A Rt 01 Rw 08 Kel. Paninggilan Utara Kec. Ciledug Kota Tangerang Banten 15153
Telp. 021 73460498

REK. DONASI
📘 BRI 0392 01 005581 53 5
📘 BNI SYARI AH  0903684020
📘 MUAMALAT  3280012660

A.n  Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri

Walhamdulillahi rabbil alamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *