4 Tingakatan Rezeki yang Diberikan Oleh Allah SWT.

Yapim-Tangerang, Rezeki yang diberikan oleh Allah menjadi sesuatu yang tak diduga duga, rezeki bukan hanya sebatas materi saja melainkan kesehatan dan kebahagiaan menjadi rezeki yang nilainya jauh lebih tinggi dari materi. Rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia berbeda-beda ada yang diberikan materi tinggi tetapi dikehidupannya tidak merasa bahagia, ataupun sebaliknya. Semua yang diberikan oleh Allah ada makna dan karunia-Nya yang patut kita syukuri karena Allah SWT telah menjamin rezeki semua makhluk untuk hidup dengan baik.

  1. Tingkat rezeki pertama yang dijamin oleh Allah.“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya.” (QS Hud: 6)

Artinya, Allah swt. telah menjamin rezeki semua makhluk yang ada di bumi berupa makanan, minuman, dan kesehatan. ini merupakan tingkatan rezeki paling pertama.

  1. Tingkat rezeki kedua yang didapat sesuai dengan apa yang diusahakan. “Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS An-Najm: 39).

 

Artinya, Allah memberikan rezeki sesuai dengan apa yangdikerjakannya. Apabila ia bersungguuh-sungguh dalam bekerja baik belajar atau mencari anfkah maka Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Tidak pandang dia itu seorang muslim atau kafir.

 

  1. Tingkat rezeki ketiga adalah rezeki lebih bagi orang-orang yang pandai bersyukur.

” Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

 

Artinya, Allah SWT akan  menambah rezeki kepada orang yang mau bersyukur atas apa yang telah dimilikinya. Orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah. Itulah janji Allah orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, usahanya akan sukses karena Allah tambahkan selalu.

 

  1. Tingkat rezeki keempat adalah rezeki istimewa dari arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertakwa dan bertawakal pada Allah Ta’ala. “. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”(QS Ath-Thalaq: 2-3)

 

Artinya, Allah akan menjamin rezeki di dunia dan jaminan surge di akhirat kepada orang yang beriman dan bertakwa. Tingkatkan rezeki keempat ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang dapat melihatnya, yaitu Allah memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Karena Allah memberikan rezeki sesuai dengan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *