Peristiwa Di Bulan Rabiul Awal

YAPIM-TANGERANG, Minggu (17/10) dalam kalender Masehi bertepatan dengan dimulainya awal Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Bulan ini menjadi begitu istimewa karena merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nabi akhir zaman yang membawa ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Dalam Islam, bulan Rabiul Awal memiliki makna yang begitu penting.

Sebab, di bulan ini Rasulullah SAW lahir ke dunia. Nabi SAW lahir pada Senin, 12 Rabiul Awal, pada tahun gajah atau bertepatan dengan 23 April 571 Masehi, tepatnya dua bulan setelah pasukan gajah menyerang kota Makkah.

Pada bulan ini juga Rasulullah  SAW beserta para sahabat melakukan perjalanan hijrah ke Madinah. Beliau sampai di Madinah pada 12 Rabiul Awal.

Dalam Sirah Nabawiyah karya Syekh Shafiyurrahman Mubarakfuri disebutkan, Nabi SAW mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur pada malam Senin 1 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah.

Nabi SAW kemudian sampai di Quba pada Senin, 8 Rabiul Awal, dan berdiam di sana selama empat hari. Kemudian, Nabi SAW memasuki Madinah pada 12 Rabiul Awal.

Selanjutnya, peristiwa yang menjadi duka bagi seluruh umat Islam dan alam semesta yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Nabi SAW wafat pada Senin, 12 Rabiul Awal tahun 11 H. Beliau dimakamkan di bawah tempat tidurnya, tempat beliau meninggal dunia, di rumahnya di Madinah.

Sementara dalam tradisi masyarakat Muslim di Indonesia, Rabiul Awal identik dengan perayaan Maulid Nabi atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Ada berbagai tradisi yang berbeda yang dirayakan umat Islam dalam rangka memperingati maulid Nabi SAW ini.

Yuk berdonasi dan bergabung dalam program kami!

sekertariat kami : Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo 23A Rt 01 Rw 08 Kel. Paninggilan Utara Kec. Ciledug Kota Tangerang Banten 15153
Telp. 021 73460498

REK. DONASI
📘 BRI 0392 01 005581 53 5
📘 BNI SYARI AH  0903684020
📘 MUAMALAT  3280012660

A.n  Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *