Jangan Menjelaskan Tentang Dirimu Kepada Siapapun

“Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu” (Ali bin Abi Thalib)

mengajarkan kepada kita tentang kebaikan suatu rahasia, sehingga kita semestinya tak perlu menjelaskan tentang siapa dirimu kepada siapapun.

Sebab, orang di dunia ini semakin aneh. Senang ketika temannya celaka dan sedih, iri dan dengki ketika melihat temannya bahagia. Karena itu, quote Ali bin Abi Thalib yang menjadi nasehat dan kata mutiara cantik itu berlaku sampai sekarang dan tidak lekang oleh zaman.

Hal itu hampir mirip dengan nasehat Rasulullah Muhammad Saw, ketika kamu bermimpi baik, maka cukup jelaskan kepada orang-orang terdekat yang mengasihi dan menyayangimu, tapi jangan ceritakan kepada orang lain atau orang yang membencimu.

Karena, hal itu malah bisa menimbulkan rasa cemburu, iri dan dengki kepada orang yang kamu ceritain. Kisah itu terjadi pada Nabi Yusuf di mana bulan dan bintang bersujud kepadanya. Setelah meminta nasehat ayahnya, dia diminta untuk tidak menceritakan kepada saudara-saudaranya.

Sebab, ayah Nabi Yusuf tahu bila saudara-saudaranya itu tidak suka dengannya. Begitu juga dengan quote Ali bin Abi Thalib memiliki arti, makna dan filosofi yang bisa menjadi nasehat buat kita semua.

Jika orang lain tahu siapa dirimu yang sebenarnya, jika itu baik maka akan menimbulkan iri. Jika itu buruk, justru akan membongkar aibmu sendiri. Baginda Nabi Muhammad Saw sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk pandai menyimpan aib supaya dirahasiakan.

Begitu juga dengan orang yang suka denganmu, karena dia tidak butuh informasi tentang siapa dirimu. Jadi, mulai sekarang ini, jagalah rahasiamu dan jangan ceritakan tentang dirimu. Kamu tidak perlu lagi menjelaskan siapa dirimu kepada siapapun.

Semangat untuk terus menjadi lebih baik.

.

Ay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *