Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Yapim-Tangerang, Hari raya idul adha tidak terasa akan tiba sebentar lagi, hari idul adha identik dengan pemotohan hewan kurban. Hewan kurban ini biasanya adalah sapi dan kambing jantan. Untuk pemotongan hewan kurban ada tata caranya nih jangan sampe salah dalam memotong hewan kurban ya.

Tata cara penyembelihan hewan kurban

1. Diutamakan yang menyembelih adalah orang yang berqurban sendiri atau jika tidak mampu boleh diwakilkan kepada orang lain.
2. Menggunakan pisau yang tajam, bertujuan agar hewan kurban lekas mati, tapi jangan mengasa pisau tersebut dihadapan hewan yang akan disembelih karena bisa membuat hewan ketakutan. Hal ini berdasarkan hadist dari Ibnu Umar RA: “Rasulullah Saw. memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa memperlihatkan kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah).
3. Hewan kurban diikat lalu direbahkan di atas lambung sebelah kiri dan menghadap ke arah kiblat. menginjakkan kaki di leher hewan. Sebagaimana dalam hadist dari Anas bin Malik: ” Rasulullah SAW. berqurban dengan dua ekor domba. Aku lihat beliau meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut, kemudian membaca basmalah.” (HR. Bukhari dan muslim).
4. Membaca Basmalah sebelum memulai menyembelih hewan qurban. Allah berfirman: “Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan.” (QS. Al-An’am: 121).
5. Setelah membaca basmallah dilanjutkan dengan membaca takbir.
6. Disunahkan untuk menyebutkan nama orang yang menjadi tujuan hewan qurban tersebut.

Nah itu dia tata cara penyembelihan hewan kurban.

Yuk berkurban bersama YAPIM.

Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri akan terus menebar kebermanfatan dan kebaikan untuk warga yang membutuhkan baik untuk warga di lingkungan sekretariat yayasan maupun warga yang ada di daerah lain.

Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri menerima dan menyalurkan hewan kurban.

Sekretariat Kami :

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo 23A 01/08 Kel. Paninggilan Utara, Kec. Ciledug – Kota Tangerang Banten 15153

Telp (021) 73460498

Rekening Donasi :

BRI 0392 01 005581 53 5

BNI SYARIAH 0903684020

MUAMALAT 3280012660

A.n Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri

Donasi yang disalurkan akan sangat berarti bagi mereka

 

(Madyana Ayu Utami)

Komentar

  1. alhamdulillah jdi makin paham min

  2. alhamdulillah jdi makin paham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *